Pasang
Pasang

Announcement

Collapse
No announcement yet.

Sejarah LIGA JERMAN

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Sejarah LIGA JERMAN

    Click image for larger version

Name:	download (3).jpg
Views:	1
Size:	10.0 KB
ID:	388



    Berita Bola - Bundesliga (biasanya hanya disebut Bundesliga, pengucapan bahasa Jerman: [bʊndəsˌːliɡa], federal League) adalah sebuah liga sepak bola profesional di Jerman.

    Liga ini adalah liga tingkat atas pada sistem liga sepak bola di Jerman dan merupakan kompetisi utama sepak bola Jerman. Bundesliga yang diikuti oleh 18 klub dan beroperasi dengan sistem promosi dan degradasi dengan 2. Bundesliga.

    Musim berjalan dari bulan Agustus sampai Mei. Pertandingan biasanya dimainkan pada hari Sabtu dan Minggu, dengan beberapa pertandingan yang dimainkan pada malam pada waktu hari kerja.

    Sebanyak 51 klub telah berkompetisi di Bundesliga sejak pendiriannya. FC Bayern Munich telah memenangkan Bundesliga yang paling banyak, dengan 24 gelar.

    Namun Bundesliga juga telah melahirkan juara lainnya dengan Borussia Dortmund, Hamburger SV, Werder Bremen, Borussia Mönchengladbach dan VfB Stuttgart yang paling menonjol di antara beberapa klub yang lain.

    Bundesliga merupakan salah satu liga nasional papan atas, saat ini menduduki peringkat ke-3 di Eropa sesuai dengan peringkat Koefisien Liga UEFA, berdasarkan data terbaru Bundesliga saat ini adalah liga sepak bola nomor satu di dunia dalam hal rata-rata kehadiran, dari semua olahraga. Lita ini mencatat kehadiran rata-rata 45.134 penggemar dalam setiap pertandingan selama musim 2011-12 adalah yang tertinggi kedua dari setiap liga olahraga di dunia.

    Tidak seperti negara-negara lain, di Jerman perkembangan struktur liga nasional sepak bola yang kompak sangat lambat. Bundesliga tidak dibentuk sampai tahun 1963 dan struktur organisasi dari liga sepak bola nasional masih mengalami perusahaan hingga saat ini. Liga ini awalnya didirikan oleh Asosiasi Sepak Bola Jerman, tetapi sekarang dioperasikan oleh Deutsche Fußball Liga.

    Bundesliga juga memiliki beberapa stadion paling modern dan berkelas di dunia seperti Signal Iduna Park, Allianz Arena, Veltins-Arena, Commerzbank-Arena, Mercedes-Benz Arena, Stadion Olimpiade Berlin, Imtech Arena, Esprit Arena dan lain-lain.


    Sejarah

    Sebelum pembentukan Bundesliga, sepak bola di Jerman dimainkan di tingkat amatir di sejumlah besar sub-regional liga, sampai pada tahun 1949, liga semi-profesional paruh waktu diperkenalkan dan hanya lima Oberligen (bahasa Inggris: Premier League) dipertahankan.

    Juara regional dan runner-up memainkan serangkaian pertandingan play-off untuk dapat bersaing dalam pertandingan final dalam kejuaraan nasional. Pada tanggal 28 Januari 1900, sebuah asosiasi nasional, Deutscher Fußball Bund (DFB) didirikan di Leipzig dengan 86 klub anggota.

    VfB Leipzig adalah klub pertama yang memenangkan kejuaraan nasional pertama dengan mengalahkan DFC Praha 7-2 dalam pertandingan yang dimainkan di Altona pada tanggal 31 Mei 1903.

    Pada tahun 1950-an, mulai ada rencana untuk membentuk liga profesional terpadu, terutama karena liga profesional di negara-negara lain mulai menarik pemain terbaik Jerman dari liga semi-profesional domestik.

    Pada tingkat internasional permainan tim nasional Jerman mulai goyah dan sering bernasib buruk saat melawan tim profesional dari negara lain. Seorang pendukung utama dari konsep liga utama adalah kepala tim nasional, pelatih Sepp Herberger yang mengatakan, "Jika kita ingin tetap kompetitif secara internasional, kita harus meningkatkan target kita di tingkat nasional."

    Sementara itu, di Jerman Timur, liga terpisah didirikan dengan pembentukan DS-Oberliga (Deutscher Sportausschuss Oberliga) pada tahun 1950. Liga ini berganti nama menjadi Football Oberliga DFV pada tahun 1958 dan umumnya disebut hanya sebagai DDR-Liga atau DDR-Oberliga. Liga terdiri dari 14 klub dengan dua tempat degradasi.

    Kekalahan tim nasional Jerman oleh Yugoslavia (0-1) dalam pertandingan perempat final pada Piala Dunia FIFA 1962 di Chile adalah salah satu dari banyak dorongan untuk pembentukan liga nasional. Di bawah Presiden baru DFB Hermann Gösmann (terpilih hari itu) Bundesliga dibentuk di Dortmund pada tanggal 28 Juli 1962 dan akan dimulai pada musim 1963-1964.

    Pada saat itu, ada lima Oberligen (bahasa Indonesia: Liga Utama) di beberapa tempat yang mewakili Jerman Barat bagian Utara, Selatan, Barat, Barat Daya, dan Berlin. Sementara di Jerman Timur mempertahankan struktur liga terpisah. Sebanyak 46 klub diterima untuk masuk ke liga yang baru. Kemudian 16 klub yang dipilih berdasarkan keberhasilan mereka di lapangan, kriteria ekonomi dan perwakilan dari berbagai Oberligen.

    Dari Oberliga Nord: Eintracht Braunschweig, Werder Bremen, Hamburger SV
    Dari Oberliga Barat: Borussia Dortmund, 1. FC Köln, Meidericher SV (sekarang MSV Duisburg), Preußen Münster, Schalke 04
    Dari Oberliga Südwest: 1. FC Kaiserslautern, 1. FC Saarbrücken
    Dari Oberliga Süd: Eintracht Frankfurt, Karlsruher SC, 1. FC Nuremberg, TSV 1860 München, VfB Stuttgart
    Dari Oberliga Berlin: Hertha BSC
    Pertandingan Bundesliga yang pertama dimainkan pada tanggal 24 Agustus 1963


    Daftar Juara

    Secara total, 43 klub telah memenangkan kejuaraan Jerman. FC Bayern Munich memiliki 22 gelar, lebih dari klub lain. Klub dengan gelar yang paling berikutnya BFC Dynamo Berlin (10; semua dicapai dalam Oberliga GDR) dan 1. FC Nuremberg (9).

    Klub juara paling banyak selain FC Bayern Munich (21 kali) adalah Borussia Mönchengladbach dan Borussia Dortmund (5) kemudian Werder Bremen (4), Hamburger SV dan VfB Stuttgart dengan (3), FC Kaiserslautern yang memiliki (2) sedangkan TSV 1860 Munich, Eintracht Braunschweig, 1. FC Nuremberg dan VfL Wolfsburg masing-masing (1).


    Perolehan Juara Klub

    Bayern München (24)
    Borussia Mönchengladbach (5)
    Borussia Dortmund (5)
    SV Werder Bremen (4)
    Hamburger SV (3)
    VfB Stuttgart (3)

    Pada Juni 2010, klub berikut diperbolehkan untuk memakai satu bintang saat bermain di luar Bundesliga. Nomor dalam tanda kurung adalah untuk juara liga memenangkan total selama sejarah sepak bola Jerman, dan akan termasuk dalam bintang.

    Bayern München (23)
    Berliner FC Dynamo (10)
    FC Nuremberg (9)
    Dynamo Dresden (8)
    Borussia Dortmund (7)
    FC Schalke 04 (7)
    Hamburger SV (6)
    FC Viktoria Frankfurt (6)
    Borussia Mönchengladbach (5)
    VfB Stuttgart (5)
    SV Werder Bremen (4)
    FC Kaiserslautern (4)
    FC Magdeburg (3)
    FC Erzgebirge Aue (3)
    Lokomotive Leipzig (3)
    FC Carl Zeiss Jena (3)
    FC Köln (3)
    Greuther Fürth (3)


    Catatan Pemain

    Gol bunuh diri terbanyak: 6 oleh Manfred Kaltz dari Hamburger SV dan Nikolče Noveski dari 1. FSV Mainz 05.

    Pemain tertua Klaus Fichtel dari FC Schalke 04 (43 tahun).

    Pemain termuda Nuri Şahin dari Borussia Dortmund (16 thn dan 335 hari).

    Pencetak gol termuda Nuri Şahin dari Borussia Dortmund (17 thn dan 82 hari).

    Kartu merah terbanyak: Jens Nowotny (8), Stefan Effenberg, Sergej Barbarez and Torsten Kracht (7).

    Penalti terbanyak: Manfred Kaltz (53 dan 7 gagal).

    Penjaga gawang terbanyak kebobolan: 829 oleh Eike Immel (dalam 534 pertandingan).

    Penjaga gawang terlama tidak kebobolan: 196 oleh Oliver Kahn (dalam 557 pertandingan).

    Pemain yang paling banyak juara: 8 oleh Mehmet Scholl dan Oliver Kahn.

    Pelatih yang paling banyak juara: 8 oleh Udo Lattek.

    Gol tercepat: Ulf Kirsten (Bayer Leverkusen) 11 detik (melawan 1. FC Kaiserslautern pada tahun 2002) dan Giovane Élber (Bayern München) (melawan Hamburger SV pada tahun 1998).

Working...
X